Background

contoh laporan prakerin tkj



HALAMAN PERSETUJUAN
1)       Praktik Kerja Industri telah dilaksanakan pada perusahaan/industry :
CV.CAKRAWALA DAYSAN
Jl.Maccini Baru NO.9B
2)       Waktu pelaksanaan
Tanggal 23 Juli s/d 09 November 2012
3)       Setelah diteliti dan diperiksa ulang oleh Panitia Ujian Sekolah dan Pihak Industri/Perusahaan,materi/isi laporan ini telah benar dan memenuhi persyaratan untuk diajukan pada seminar hasil Prakerin tanggal……...2012

Menyetujui :
Pembimbing PRAKERIN,

Pembimbing lapangan                                                        Pembimbing Sekolah
                                                                                                               
Muh.Husni                                                                                Hasri.SS
Mengetahui :
Pimpinan CV.Cakrawala Daysan


DAHYAR JAYA.S.Kom





HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Prakerin ini disusun Oleh :
NO
Nama Peserta
Nis
Kelas
1
Muhammad.Ijlal
101193
XI TKJ C

Kompetensi Keahlian          : Teknik Komputer dan Jaringan
Sekolah                                  : SMK Negeri 1 Maros
Tanggal Pengujian               :     November 2012, dan dinyatakan Lulus/Tidak
                                                  Lulus**)
                                                                            Maros,  November 2012
                                                                     Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Maros,
ASIS,S.Pd., M.Pd
Nip : 19651231 199502 1 002
Komisi Penguji Laporan :
1.                                                                                        Penguji I    (                                                     )
2.                                                                                        Penguji II  (                                                     )
3.                                                                                        Penguji III (                                                     )
4.                                                                                        Penguji IV (                                                     )



KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulilah saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan tenggat waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan di capai selama mengikuti Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) di CV. CAKRAWALA DAYSAN selama 4 bulan dari tanggal 23 Juli s/d tanggal 09 November 2012, saya mendapat pengetahuan yang lebih di dalam dunia industry,terutama banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan bersumber dari hal – hal tersebut, akhirnya menjadi dasar  dan bahan bagi penyusunan Laporan ini.
Sebelum melanjutkan penyusunan Laporan ini, terlebih dahulu Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada  :
1.      Bapak. Asis,S.pd,M.pd , selaku Kepala Sekolah SMK Negeri       1 Maros.
2.      Bapak. Dahyar Jaya S.Kom selaku Direktur CV.Cakrawala Daysan.
3.      Bapak Hasri,SS. selaku Guru Pembimbing di Sekolah.
4.      Karyawan dan Karyawati CV.Cakrawala Daysan.
5.      Bapak dan Ibu Guru Kami di Sekolah.
6.      Seluruh teman-temanku di SMK Negeri 1 Maros.
7.      Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi, sehingga saya dapat melanjutkan penyusunan laporan ini selesai pada akhirnya.
 Saya mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.
  Semoga laporan ini berguna, khususnya untuk penyusun dan masyarakat pada umumya.

                                                                                                Makassar,05 November  2012
     
                                                                                                               
                                                                                                                        Muhammad.Ijlal
DAFTAR ISI
Halaman Judul.........................................................................................................
Halaman Persetujuan..............................................................................................
Halaman Pengesahan..............................................................................................
Kata Pengantar.........................................................................................................
Daftar Isi...................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Pelaksanaan PRAKERIN.........................................
B.       Tujuan PRAKERIN..............................................................................
C.       Sistematika Penulisan Laporan..........................................................
BAB II GAMBARAN UMUM CAKRAWALA DAYSAN
A.       Sejarah Singkat Lokasi PRAKERIN..................................................
B.       Arti Logo CAKRAWALA DAYSAN.................................................
C.       Struktur Organisasi..............................................................................
D.       Uraian Tugas.........................................................................................
BAB III HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
A.       Waktu dan Tempat Pelaksanaan PRAKERIN..................................
B.       Kegiatan Umum di Lokasi PRAKERIN.............................................
C.       Masalah yang dihadapi.......................................................................
D.       Metode Pemecahan Masalah..............................................................
BAB V PENUTUP
A.       Kesimpulan
B.       Saran




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Pelaksanaan PRAKERIN
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian                dan siap kerja.Karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda ( PRAKERIN ) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri  agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan,pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat  bekerja yang baik. SMK yang peralatan praktek cukup memadai pun, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di Industri/Usaha. Sekarang peralatan di Dunia Usaha/Industri sudah serba automatis sedangkan peralatan yang ada di SMK – SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktek hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan,kebutuhan di Dunia industri/Usaha itupun tidak semuanya dapat dimanfaatkan secara maksimal,Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian,ada dua pihak yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu).Kedua belah pihak tersebut terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa..
Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat di pelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat di ajarkan tetapi harus dikusai melalui pembiasaan dan internasional. Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. Misalnya tingkat keahlian seorang pilot diukur dari jumlah jam terbangnya, tingkat keahlian seorang montir diukur dari jumlah tahun kerjanya sebagai seorang montir, dan sertifikat seorang “wekder” biasa batal apabila lebih dari satu tahun tidak lagi mengerjakan mengelas.
Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit di harapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagai mana yang di harapkan.
Melihat kenyataan diatas. Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan). Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan  Pendidikan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undag Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 tahun 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbut Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
Ada beberapa peraturan tentang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Mentri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantung pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan pesrta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau pelatihan bagi peranannya di masa yang akan dating.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yaitu bertujuan meningkatkan  kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbale balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Keputusan Mentri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam meleksanakan pendidikan dilaksanakan melalui 2 jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”

B.       Tujuan PRAKERIN
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah suatu sistem pembelajaran yang dilakukan di luar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri atau instasi yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang tekhnologi,penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus,siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tujuan tentang perusahaan,,dan kegiatan – kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk bekerja secara mandarin bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing –masing. Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk :
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi.
Memperkokoh link and macht antara SMK dan Dunia kerja .
Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
Menigkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja sehingga tidak merasa canggung bila terjun di dunia kerja.
Melatih mental dan kepribadian, inisiatif dan menhadapi segala keadaan yang ada dalam masyarakat dan dunia kerja.
Meningkatkan, memperluas penyerapan teknologi baru di lapangan kerja kesekolah atau sebaliknya.
Melatih disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
C.    Sistematika Penulisan Laporan
Agar ada gambaran yang utuh mengenai keseluruhan isi laporan, maka perlu dibuat sistematikanya dan sistematika laporan ini sebagai berikut;
Untuk mengawali laporan penyusun tempatkan pendahuluan yang menguraikan; latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan,metode penulisan, dan sistematika penulisan.
Untuk gambaran singkat tentang tempat Prakerin ada pada Bab II,yang terdiri dari,sejarah singkat tempat pelaksanaan Prakerin yaitu Cv.Cakrawala Daysan,arti logo tempat pelaksanaan Prakerin,struktur organisasi dan uraian tugas.
Inti laporan dapat dilihat pada bab 3 yaitu waktu dan tempat pelaksanaan Prakerin,kegiatan umum di lokasi Prakerin seperti merakit,menginstal software,menginstal system operasi,instalasi jaringan.Dalam bab ini juga terdapat pembahasan tentang masalah yang dihadapi saat Prakerin beserta pemecahan masalahnya. Laporan diakhiri dengan kesimpulan dan saran


BAB II
GAMBARAN UMUM CAKRAWALA DAYSAN
A.      Sejarah Singkat CAKRAWALA DAYSAN
Awalnya perusahaan ini berdiri pada tahun 1995 di Kota Bandung dengan nama “ DAYSAN CORPORATION” selanjutnya perusahaan ini berpindah tempat di Makassar di Jln. Maccini Raya dengan nama CV. DAYSAN COMPUTER pada tahun 2000 lalu berpindah tempat lagi di Jln. Maccini Baru No.9B dengan nama CV. CAKRAWALA DAYSAN pada tahun 2002.
Teknologi informasi menempati peranan utama dalam fenomena bisnis sekarang dan masa depan, sebagai andalan perusahaan dalam mengantisipasi dan memenangkan persaingan global. Penggunaan teknologi informasi secara optimal akan menunjang efisiensi dan efeksifitas perusahaan, yang selanjutnya akan meningkatkan kinerjanya dalam era persaingan global. Kapasitas penyediaan teknologi informasi berbasis komputer yang akurat akan mempercepat pertumbuhan kapasitas produksi perushaan dalam lingkup teknis maupun organisasi.
CAKRAWALA DAYSAN adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan keras komputer untuk berbagai aplikasi bisnis dan rekayasa. Lingkup jasa yang disediakan mencakup kegiatan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, perancangan, pengelolaan, dan pengawasan.
PROFIL CV. CAKRAWALA DAYSAN :
nama perusahaan                        :   CV. CAKRAWALA DAYSAN
Bidang Usaha                  :   Computer & Comunication System
Bank & Finansial                        :   Bank SulSel Cabang Makassar
No. Rek. 130 003 23334
Akte notaries                    :   Widartiningsi, SH.
SIUP                                  :   503/171/SIUPM-P/KPAP/2007
TDP                                    :   503/359/TDP.CV-P/KPAP/2007
SITU                                  :   503/303/IG-P/KPAP
NPWP                    :   02.291.849.3-801.000
B.       Arti logo CAKRAWALA  DAYSAN
Dalam logo Cakrawala Daysan sebenarnya terdapat 2 huruf yaitu huruf C dan huruf D.Huruf C yang berarti Cakrawala dan D yang berarti Daysan.Arti Cakrawala yaitu mempunyai pedoman tertentu,dan Daysan sendiri terdapat nama-nama pendiri Cakrawala Daysan termasuk direktur yang sekarang yaitu Dahyar Jaya.





Dahyar Jaya,S.kom
Direktur
 
C.   Struktur Organisasi CAKRAWALA DAYSAN



 







Muh.Daniel Rafi,S.kom
       Manager Teknisi
 
Faradiba,Amd
Manager keuangan
 
Muh.Darul Aqsa,S.E
Manager Operasional
 
                                                           














 
                                                                              







Ruslan
               Staf
 

Nurlina
               Staf
 

Muh.Husni
               Staf
 
 
                                                                                                                 
                                                                                                          
D.      Uraian Tugas CAKRAWALA DAYSAN
Adapun tugas setiap karyawan ataupun bentuk pekerjaan yang dilakukan di CV. CAKRAWALA DAYSAN, antara lain :
1.    Direktur bertugas untuk memimpin perusahaan sebagaimana mestinya yang kita ketahui.
2.    Wakil Direktur bertugas mengawasi pekerjaan seorang manager dan staf.
3.    Manager operasional bertugas untuk mengurus dokumen administrasi apabila ada pengadaan barang.
4.    Manager Keuangan bertugas mengurus keuangan perusahaan.
5.    Manager Teknisi bertugas untuk mengawasi pekerjaan teknisi.










BAB III
HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
A.   Waktu Dan Tempat Pelaksanaan PRAKERIN
a.                  Waktu
                  Adapun waktu untuk melaksanakan PRAKERIN adalah mulai dari tanggal 23 Juli s/d 09 November 2012. Praktik kerja industri di CV. Cakrawala Daysan dimulai dari pukul 09.00 WITA - 17.00 WITA yang terdapat jam istirahat pukul 12.00 WITA – 13.00 WITA.
b.                  Tempat
                  Tempat yang digunakan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah Di CV. Cakrawala Daysan Lokasi tempatnya ada Di Jl. Maccini Baru No. 9B Makassar.
                
C.      Kegiatan Umum di Lokasi PRAKERIN
1.Merakit
    Dalam melaksanakan PRAKERIN,kami biasanya merakit dengan spesifikasi sebagai berikut:
                                      A.Monitor
                                      B.Casing ASUS
  C.Motherboard ASUS p5g41t-mlx3 ig41 *1333              (vga+snd+lan1000)
D.Processor INTEL core i3 2100 3.10 ghz (lga 1155/3                                                                  mb/32 nm)
E.RAM VISIPRO ddr3 2 gb box ~ 1333
F.Harddisk SEAGATE 500 gb 7200 rpm (sata3 6gb/s)
G.DVD ROOM ASUS SATA
H.VGA Card ati radeon hd5670
       2.Menginstal Software
     Saat prakerin kami biasanya menginstal software seperti berikut:
        A.Microsoft Office yang berguna untuk mengolah data,angka,dll.
        B.Anti Virus yang berguna untuk memperkebal suatu computer agar terhindar dari serangan virus,malware dan semacamnya.
        C.Winrar yang berguna untuk pembuatan archive
        D.Adobe Reader berguna untuk membuka file/ebook berformat pdf
        E.Google/Mozilla Firefox berguna untuk menjelajahi internet.
          F.Intenet Download Manager berguna untuk mempercepat proses download.
          G.Winamp berguna untuk memutar audio maupun video namun lebih mengarah ke audio.
          H.Media Player Classic berguna untuk memutar video dan audio namun lebih mengarah ke video.
          I.PhotoShop berguna untuk mendesain gambar.
          J.Corel Draw berguna untuk mendesain gambar.
       3.Menginstal System Operasi
          Dalam penginstalan system operasi,kami biasanya menginstal operasi sebagai berikut:
          1.Windows Xp
          2.Windows 7
          Kami jarang menginstal system operasi seperti Linux,Windows karena jarang konsumen yang menginginkan system operasi tersebut.
       4.Instalasi Jaringan
Dalam instalasi jaringan kita membutuhkan peralatan yaitu sebagai berikut :
1.      Tools
2.      Kabel Tist
3.      Sadel Kabel
4.      Tang Crimping
5.      Connector
Langkah pemasangan :
1.      Langkah pertama adalah tentukan topologi yang akan di gunakan.
2.      Tentukan Posisi Server
3.      Menentukan Posisi HUB dan Modem
4.      Menghubungkan Server dan Client
5.      Merapikan susunan kabel
6.      Membuat ujung kabel
7.      Setting IP\
5.Membeli Barang di Toko Distributor
            Untuk membeli barang keperluan kantor,kami biasanya membeli/menjemput barang di toko berikut:
                        A.MUGEN
                        B.ELEXTRA
                        C.KOMET
                        D.FLASH
                        E.ASTRINDO
                                    F.CAHAYA SURYA
D.      Masalah yang di Hadapi
        Saat melaksanakan kegiatan praktek kerja industry(Prakerin),penulis mendapatkan beberapa masalah diantaranya sebagai berikut:
   1.Penggunaan sarana-sarana yang belum terlalu dikenal di lokasi prakerin,seperti alat-alat jaringan karena belum diajarkan di sekolah.
2.Adanya teori yang belum diajarkan di sekolah,seperti,program-program aplikasi karena teori yang di berikan disekolah hanya dasar-dasar saja.

E.   Metode pemecahan masalah
            Dalam melakukan suatu kegiatan,tidak luput dari masalah yang mungkin kita hadapi,termasuk penulis.Dalam penanganan masalah yang kami hadapi tidak lain dengan meminta petunjuk kepada instruktur atau pembimbing yang menanganinya atau orang yang ahli dalam bidang tersebut agar masalah yang dihadapi dapat terselesaikan dengan benar.Selain itu,perlu ketelitian,percaya diri dan keberanian melakukan tindakan agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik dan tidak terulang kemabali.Dan semua tindakan tidak akan tercapai tanpa adanya keinginan, niat, dan do’a.



BAB IV
Penutup
A.       Kesimpulan
Adapun kesimpulan tentang prakerin yang kami lakukan yaitu
a. Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya
siswa-siswi SMK Negeri1 Maros. Dengan adanya kegiatan prakerin
siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu       berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
b.  Prakerin merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja
sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat                       
berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat  
luar.
c.  Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah
yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa- siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di  perolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
 Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah
Perusahaan ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para staf.

B.       Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan Prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain:
1.      Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2.   Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja 
yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan      demikian apabila siswa melakukan Prakerim pada sehingga pada   instansi dimaksud, para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.Demikian Laporan Prakerim ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Maros.
            Untuk para siswa yang belum melaksanakan Prakerin,kami menyarankan agar selalu bertanya kepada instruktur atau pembimbing jika ada sesuatu yang belum terlalu diketahui,jangan malu untuk bertanya karena orang yang lebih tau tentang hal itu tidak akan memberikan ilmunya jika anda tidak bertanya.

Categories: Share

1 komentar:

  1. Titanium Rod in Leg - TITanium-arts.com
    Titanium Rod, ridge wallet titanium The original tool for spinning revlon titanium max edition the reels of 2016 ford focus titanium an original titanium watch Iron microtouch titanium trim Ox (Cadengale) razor. Product Code: 01-01-073085. Availability: In stock.

    BalasHapus