contoh laporan prakerin tkj
HALAMAN
PERSETUJUAN
1) Praktik
Kerja Industri telah dilaksanakan pada perusahaan/industry :
CV.CAKRAWALA
DAYSAN
2) Waktu
pelaksanaan
Tanggal 23 Juli s/d 09
November 2012
3) Setelah
diteliti dan diperiksa ulang oleh Panitia Ujian Sekolah dan Pihak
Industri/Perusahaan,materi/isi laporan ini telah benar dan memenuhi persyaratan
untuk diajukan pada seminar hasil Prakerin tanggal……...2012
Menyetujui :
Pembimbing
PRAKERIN,
Pembimbing lapangan Pembimbing
Sekolah
Muh.Husni Hasri.SS
Mengetahui :
Pimpinan CV.Cakrawala Daysan
DAHYAR JAYA.S.Kom
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan
Prakerin ini disusun Oleh :
NO
|
Nama Peserta
|
Nis
|
Kelas
|
1
|
Muhammad.Ijlal
|
101193
|
XI
TKJ C
|
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Sekolah :
SMK Negeri 1 Maros
Tanggal
Pengujian : …
November 2012, dan dinyatakan Lulus/Tidak
Lulus**)
Maros, November 2012
Kepala
Sekolah SMK Negeri 1 Maros,
ASIS,S.Pd., M.Pd
Nip : 19651231 199502 1 002
Komisi
Penguji Laporan :
1.
Penguji I ( )
2.
Penguji II ( )
3.
Penguji III ( )
4.
Penguji
IV ( )
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulilah saya panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga saya
dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai dengan tenggat waktu yang
telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan di
capai selama mengikuti Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN) di CV. CAKRAWALA
DAYSAN selama 4 bulan dari tanggal 23 Juli s/d tanggal 09 November 2012, saya
mendapat pengetahuan yang lebih di dalam dunia industry,terutama banyak
mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan bersumber dari hal – hal
tersebut, akhirnya menjadi dasar dan
bahan bagi penyusunan Laporan ini.
Sebelum melanjutkan penyusunan Laporan
ini, terlebih dahulu Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak.
Asis,S.pd,M.pd , selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Maros.
2. Bapak.
Dahyar Jaya S.Kom selaku Direktur CV.Cakrawala Daysan.
3. Bapak
Hasri,SS. selaku Guru Pembimbing di Sekolah.
4. Karyawan
dan Karyawati CV.Cakrawala Daysan.
5. Bapak
dan Ibu Guru Kami di Sekolah.
6. Seluruh
teman-temanku di SMK Negeri 1 Maros.
7. Semua
pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu
membantu baik moral maupun materi, sehingga saya dapat melanjutkan penyusunan
laporan ini selesai pada akhirnya.
Saya mengakui bahwa laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan, dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang sifatnya
membangun.
Semoga
laporan ini berguna, khususnya untuk penyusun dan masyarakat pada umumya.
Makassar,05
November 2012
Muhammad.Ijlal
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul.........................................................................................................
Halaman
Persetujuan..............................................................................................
Halaman
Pengesahan..............................................................................................
Kata
Pengantar.........................................................................................................
Daftar Isi...................................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Pelaksanaan PRAKERIN.........................................
B. Tujuan
PRAKERIN..............................................................................
C. Sistematika
Penulisan Laporan..........................................................
BAB
II GAMBARAN UMUM CAKRAWALA DAYSAN
A.
Sejarah
Singkat Lokasi PRAKERIN..................................................
B.
Arti
Logo CAKRAWALA DAYSAN.................................................
C.
Struktur
Organisasi..............................................................................
D. Uraian
Tugas.........................................................................................
BAB
III HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
A.
Waktu
dan Tempat Pelaksanaan PRAKERIN..................................
B.
Kegiatan
Umum di Lokasi PRAKERIN.............................................
C.
Masalah
yang dihadapi.......................................................................
D. Metode
Pemecahan Masalah..............................................................
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pelaksanaan PRAKERIN
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai
suatu keahlian dan siap
kerja.Karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/
industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (
PRAKERIN ) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu
pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata
setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan,pola penyelenggaraan di SMK belum
secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut
dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan
tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak
semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi
harus dilengkapi dengan penguasaan kiat
bekerja yang baik. SMK yang peralatan praktek cukup memadai pun, belum
tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di Industri/Usaha. Sekarang
peralatan di Dunia Usaha/Industri sudah serba automatis sedangkan peralatan
yang ada di SMK – SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktek hanya sekedar
mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan,kebutuhan di Dunia
industri/Usaha itupun tidak semuanya dapat dimanfaatkan secara maksimal,Sesuai dengan
hasil pengamatan dan penelitian,ada dua pihak yang secara bersama-sama
menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan yaitu lembaga pendidikan dan
lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu).Kedua belah pihak tersebut
terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap
penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa..
Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja
dapat di pelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat
di ajarkan tetapi harus dikusai melalui pembiasaan dan internasional. Untuk
kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang,
hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu
sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan
jumlah pengalaman kerja. Misalnya tingkat keahlian seorang pilot diukur dari
jumlah jam terbangnya, tingkat keahlian seorang montir diukur dari jumlah tahun
kerjanya sebagai seorang montir, dan sertifikat seorang “wekder” biasa batal
apabila lebih dari satu tahun tidak lagi mengerjakan mengelas.
Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan di
sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya
hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi), karena bukan
situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit di harapkan untuk mampu
memberikan keahlian sebagai mana yang di harapkan.
Melihat kenyataan diatas. Dikmenjur menetapkan
strategi operasional yang berdasarkan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan).
Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Pendidikan Sistem Ganda.
Pelaksanaan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undag
Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 Tahun 1990
tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 tahun 1992 tentang Peran serta
Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang
Sekolah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbut Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum
SMK.
Ada beberapa peraturan tentang Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) dan putusan Mentri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantung pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang
Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan pesrta didik melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran, atau pelatihan bagi peranannya di masa yang akan dating.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah yaitu bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota
masyarakat dalam mengadakan hubungan timbale balik dengan lingkungan sosial,
budaya, alam sekitar dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk
melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan
diri sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta
kebudayaan;
Keputusan Mentri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK
yang berisi bahwa “Dalam meleksanakan pendidikan dilaksanakan melalui 2 jalur
yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”
B.
Tujuan
PRAKERIN
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) adalah suatu sistem
pembelajaran yang dilakukan di luar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan
pada perusahaan/industri atau instasi yang relevan. Secara umum pelaksanaan
program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan siswa dibidang tekhnologi,penyesuaian diri dengan situasi yang
sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung
dengan tujuan khusus. Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri
secara khusus,siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tujuan
tentang perusahaan,,dan kegiatan – kegiatan praktek yang berhubungan langsung
dengan teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk bekerja secara
mandarin bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai
dengan minat dan bakat masing –masing. Penyelenggaraan praktik kerja industri
(PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk :
Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi.
Memperkokoh link and macht antara SMK dan Dunia
kerja .
Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman
kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
Menigkatkan, memperluas dan memantapkan
keterampilan siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja sehingga tidak
merasa canggung bila terjun di dunia kerja.
Melatih mental dan kepribadian, inisiatif dan
menhadapi segala keadaan yang ada dalam masyarakat dan dunia kerja.
Meningkatkan, memperluas penyerapan teknologi baru
di lapangan kerja kesekolah atau sebaliknya.
Melatih disiplin dan tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas.
C.
Sistematika
Penulisan Laporan
Agar ada gambaran yang utuh mengenai keseluruhan isi
laporan, maka perlu dibuat
sistematikanya dan sistematika laporan ini sebagai berikut;
Untuk mengawali laporan penyusun tempatkan pendahuluan
yang menguraikan; latar belakang
masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan,metode penulisan, dan sistematika
penulisan.
Untuk gambaran singkat tentang tempat Prakerin ada pada
Bab II,yang terdiri dari,sejarah singkat tempat pelaksanaan Prakerin yaitu
Cv.Cakrawala Daysan,arti logo tempat pelaksanaan Prakerin,struktur organisasi
dan uraian tugas.
Inti laporan dapat dilihat pada bab 3 yaitu waktu dan
tempat pelaksanaan Prakerin,kegiatan umum di lokasi Prakerin seperti
merakit,menginstal software,menginstal system operasi,instalasi jaringan.Dalam
bab ini juga terdapat pembahasan tentang masalah yang dihadapi saat Prakerin
beserta pemecahan masalahnya. Laporan
diakhiri dengan kesimpulan dan saran
BAB
II
GAMBARAN
UMUM CAKRAWALA DAYSAN
A.
Sejarah
Singkat CAKRAWALA DAYSAN
Awalnya perusahaan ini berdiri pada
tahun 1995 di Kota Bandung dengan nama “ DAYSAN
CORPORATION” selanjutnya perusahaan ini berpindah tempat di Makassar di
Jln. Maccini Raya dengan nama CV. DAYSAN
COMPUTER pada tahun 2000 lalu
berpindah tempat lagi di Jln. Maccini Baru No.9B dengan nama CV. CAKRAWALA DAYSAN pada tahun 2002.
Teknologi informasi menempati peranan
utama dalam fenomena bisnis sekarang dan masa depan, sebagai andalan perusahaan
dalam mengantisipasi dan memenangkan persaingan global. Penggunaan teknologi
informasi secara optimal akan menunjang efisiensi dan efeksifitas perusahaan,
yang selanjutnya akan meningkatkan kinerjanya dalam era persaingan global.
Kapasitas penyediaan teknologi informasi berbasis komputer yang akurat akan
mempercepat pertumbuhan kapasitas produksi perushaan dalam lingkup teknis
maupun organisasi.
CAKRAWALA DAYSAN adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan perangkat
lunak dan keras komputer untuk berbagai aplikasi bisnis dan rekayasa. Lingkup
jasa yang disediakan mencakup kegiatan penelitian, perencanaan, pelaksanaan,
perancangan, pengelolaan, dan pengawasan.
PROFIL CV. CAKRAWALA DAYSAN :
nama
perusahaan : CV. CAKRAWALA DAYSAN
Bidang
Usaha : Computer & Comunication System
Bank
& Finansial : Bank SulSel Cabang Makassar
No.
Rek. 130 003 23334
Akte
notaries : Widartiningsi, SH.
SIUP : 503/171/SIUPM-P/KPAP/2007
TDP : 503/359/TDP.CV-P/KPAP/2007
SITU : 503/303/IG-P/KPAP
NPWP : 02.291.849.3-801.000
B.
Arti
logo CAKRAWALA DAYSAN
Dalam logo Cakrawala Daysan
sebenarnya terdapat 2 huruf yaitu huruf C dan huruf D.Huruf C yang berarti
Cakrawala dan D yang berarti Daysan.Arti Cakrawala yaitu mempunyai pedoman
tertentu,dan Daysan sendiri terdapat nama-nama pendiri Cakrawala Daysan
termasuk direktur yang sekarang yaitu Dahyar Jaya.
|
|
|
|
|
|
|
D.
Uraian
Tugas CAKRAWALA DAYSAN
Adapun tugas setiap karyawan ataupun
bentuk pekerjaan yang dilakukan di CV. CAKRAWALA DAYSAN, antara lain :
1.
Direktur
bertugas untuk memimpin perusahaan sebagaimana mestinya yang kita ketahui.
2.
Wakil
Direktur bertugas mengawasi pekerjaan seorang manager dan staf.
3.
Manager
operasional bertugas untuk mengurus dokumen administrasi apabila ada pengadaan
barang.
4.
Manager
Keuangan bertugas mengurus keuangan perusahaan.
5.
Manager
Teknisi bertugas untuk mengawasi pekerjaan teknisi.
BAB
III
HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
A. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan PRAKERIN
a.
Waktu
Adapun waktu untuk melaksanakan PRAKERIN
adalah mulai dari tanggal 23 Juli s/d 09 November 2012. Praktik kerja industri
di CV. Cakrawala Daysan dimulai dari pukul 09.00 WITA - 17.00 WITA yang
terdapat jam istirahat pukul 12.00 WITA – 13.00 WITA.
b.
Tempat
Tempat yang digunakan untuk pelaksanaan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah Di CV. Cakrawala Daysan Lokasi
tempatnya ada Di Jl. Maccini Baru No. 9B Makassar.
C. Kegiatan Umum di Lokasi PRAKERIN
1.Merakit
Dalam
melaksanakan PRAKERIN,kami biasanya merakit dengan spesifikasi sebagai berikut:
A.Monitor
B.Casing ASUS
C.Motherboard ASUS p5g41t-mlx3 ig41 *1333 (vga+snd+lan1000)
D.Processor
INTEL core i3 2100 3.10 ghz (lga 1155/3 mb/32 nm)
E.RAM
VISIPRO ddr3 2 gb box ~ 1333
F.Harddisk
SEAGATE 500 gb 7200 rpm (sata3 6gb/s)
G.DVD
ROOM ASUS SATA
H.VGA
Card ati radeon hd5670
2.Menginstal
Software
Saat prakerin kami biasanya menginstal software seperti berikut:
A.Microsoft Office yang berguna untuk mengolah
data,angka,dll.
B.Anti Virus yang berguna untuk memperkebal suatu computer
agar terhindar dari serangan virus,malware dan semacamnya.
C.Winrar yang berguna untuk pembuatan archive
D.Adobe Reader berguna untuk membuka file/ebook berformat pdf
E.Google/Mozilla Firefox berguna untuk menjelajahi internet.
F.Intenet Download Manager berguna untuk mempercepat proses
download.
G.Winamp berguna untuk memutar audio maupun video namun
lebih mengarah ke audio.
H.Media Player Classic berguna untuk memutar video dan
audio namun lebih mengarah ke video.
I.PhotoShop berguna untuk mendesain gambar.
J.Corel Draw berguna untuk mendesain gambar.
3.Menginstal
System Operasi
Dalam penginstalan system operasi,kami biasanya menginstal
operasi sebagai berikut:
1.Windows Xp
2.Windows 7
Kami jarang menginstal system operasi seperti Linux,Windows
karena jarang konsumen yang menginginkan system operasi tersebut.
4.Instalasi
Jaringan
Dalam instalasi jaringan kita membutuhkan peralatan yaitu
sebagai berikut :
1.
Tools
2.
Kabel
Tist
3.
Sadel
Kabel
4.
Tang
Crimping
5.
Connector
Langkah pemasangan :
1.
Langkah
pertama adalah tentukan topologi yang akan di gunakan.
2.
Tentukan
Posisi Server
3.
Menentukan
Posisi HUB dan Modem
4.
Menghubungkan
Server dan Client
5.
Merapikan
susunan kabel
6.
Membuat
ujung kabel
7. Setting IP\
5.Membeli Barang di Toko Distributor
Untuk membeli barang keperluan
kantor,kami biasanya membeli/menjemput barang di toko berikut:
A.MUGEN
B.ELEXTRA
C.KOMET
D.FLASH
E.ASTRINDO
F.CAHAYA SURYA
D.
Masalah
yang di Hadapi
Saat melaksanakan kegiatan praktek kerja industry(Prakerin),penulis
mendapatkan beberapa masalah diantaranya sebagai berikut:
1.Penggunaan sarana-sarana yang belum terlalu dikenal di lokasi
prakerin,seperti alat-alat jaringan karena belum diajarkan di sekolah.
2.Adanya
teori yang belum diajarkan di sekolah,seperti,program-program aplikasi karena
teori yang di berikan disekolah hanya dasar-dasar saja.
E. Metode pemecahan masalah
Dalam
melakukan suatu kegiatan,tidak luput dari masalah yang mungkin kita
hadapi,termasuk penulis.Dalam penanganan masalah yang kami hadapi tidak lain
dengan meminta petunjuk kepada instruktur atau pembimbing yang menanganinya
atau orang yang ahli dalam bidang tersebut agar masalah yang dihadapi dapat terselesaikan
dengan benar.Selain itu,perlu ketelitian,percaya diri dan keberanian melakukan
tindakan agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik dan tidak
terulang kemabali.Dan semua tindakan tidak akan tercapai tanpa adanya
keinginan, niat, dan do’a.
BAB
IV
Penutup
A.
Kesimpulan
Adapun
kesimpulan tentang prakerin yang kami lakukan yaitu
a. Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya
a. Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya
siswa-siswi SMK Negeri1 Maros. Dengan adanya kegiatan prakerin
siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga
siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
b. Prakerin merupakan kegiatan praktek di luar
jam sekolah yang bekerja
sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi
dapat
berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan
masyarakat
luar.
c. Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi
tenaga kerja menengah
yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi
pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa- siswi akan
mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara
berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di perolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun kesimpulan mengenai
tempat prakerin ini adalah
Perusahaan ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para
staf.
B.
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksanaan
Prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat mengikuti
pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara
lain:
1.
Sekolah perlu memberikan
penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan
teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta Prakerin dapat
mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2. Sekolah
perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja
yang
berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan Prakerim
pada sehingga pada instansi dimaksud,
para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.Demikian Laporan Prakerim
ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK
Negeri 1 Maros.
Untuk
para siswa yang belum melaksanakan Prakerin,kami menyarankan agar selalu
bertanya kepada instruktur atau pembimbing jika ada sesuatu yang belum terlalu
diketahui,jangan malu untuk bertanya karena orang yang lebih tau tentang hal
itu tidak akan memberikan ilmunya jika anda tidak bertanya.
Titanium Rod in Leg - TITanium-arts.com
BalasHapusTitanium Rod, ridge wallet titanium The original tool for spinning revlon titanium max edition the reels of 2016 ford focus titanium an original titanium watch Iron microtouch titanium trim Ox (Cadengale) razor. Product Code: 01-01-073085. Availability: In stock.